Leveraging Podcast as an Innovative Tool to Enhance Basic Spoken English Skills

Saputra Massing, John (2025) Leveraging Podcast as an Innovative Tool to Enhance Basic Spoken English Skills. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (417kB)

Abstract

John Saputra Massing, 2025. Memanfaatkan Podcast Sebagai Alat Inovatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Lisan Tingkat Dasar. (Dibimbing oleh Dr. Selvi Panggua, M.Pd dan Aris Kaban Sendana, S.Pd., M.Pd). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas podcast sebagai media
dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lisan dasar di antara para pelajar. Tesis ini menggunakan metode pra-eksperimen. Peneliti memperoleh skor dengan menggunakan tes, yaitu pre-test dan post-test. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester pertama di Kampus 1 Universitas Kristen Indonesia Toraja. Sampel diambil dengan menggunakan total sampling, namun dilakukan berdasarkan kesediaan responden, karena pengambilan data bertepatan dengan masa liburan mahasiswa. Oleh karena itu, sampel yang digunakan adalah mereka yang bersedia berpartisipasi dan jumlah sampel sebanyak 6 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test setelah menggunakan podcast ini. Hasil analisis data yang diperoleh dari SPSS 26, nilai t-test menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,966 sedangkan ttabel sebesar 2,571. Artinya thitung lebih besar dari ttabel atau thitung >
tt (ttabel) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan
menggunakan video podcast efektif dalam meningkatkan kemampuan basic spoken English mahasiswa semester satu jurusan Bahasa Inggris UKI Toraja.
Kata Kunci : Kemampuan Bahasa Inggris Lisan Dasar, Podcast, Alat Inovatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan2_1
Date Deposited: 20 Aug 2025 00:54
Last Modified: 20 Aug 2025 01:27
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item
View Item