Analisis Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Ssiswa di UPT SDN 4 Makale Utara

Mangngallo, Agnatha (2025) Analisis Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Ssiswa di UPT SDN 4 Makale Utara. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (736kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mangngallo Agnatha, 2025. Analisis Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Ssiswa di UPT SDN 4 Makale Utara. Dimbimbing oleh, (1) Sefrin S. Tangkearung, S.Pd.,M.Pd. dan (2) Yulianus M. Rombeallo, S.H.,M.H. Program Adiwiyata merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membentuk karakter peduli lingkungan di kalangan siswa melalui pendidikan berbasis lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program Aiwiyata di UPT SDN 4 Makale Utara dan dampaknya terhadap karakter peduli lingkungan siswa. Sekolah ini dipilih sebagai objek penelitian karena berhasil meraih juara 2 dalam ajang Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi program Adiwiyata yang telah diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Adiwiyata di UPT SDN 4 Makale Utara melibatkan berbagai kegiatan seperti pemilahan sampah, penghijauan, serta integrasi pendidikan lingkungan dalam kurikulum. Selain itu, adanya keterlibatan aktif guru dan dukungan dari pihak sekolah turut memperkuat keberhasilan program ini. Dampak dari implementasi program Adiwiyata terlihat dalam perubahan perilaku siswa yang lebih peduli terhadap lingkungan, seperti kebiasaan menjaga kebersihan, hemat energy dan aktif dalam kegiatan penghijauan. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan seperti kurangnya kesadaran sebagain siswa dan keterbatasan fasilitas pendukung. Oleh karena itu, diperlukan strategi keberlanjutan program melalui pelatihan, peningkatan sarana dan prsarana, serta kolaborasi orang tua dan masyarakat.
Kata kunci : Adiwiyata, karakter peduli lingkungan, implementasi program, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan2_1
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:31
Last Modified: 07 Jul 2025 02:31
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item
View Item