Yelsi (2025) Penggunaan Media flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa inggris siswa kelas III UPT SDN 5 Makale. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Bab I]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (354kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Download (389kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (693kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (610kB)
![[thumbnail of Bab V]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (449kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Download (8MB)
Abstract
Yelsi 2025, Penggunaan Media flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa inggris siswa kelas III UPT SDN 5 Makale, Skripsi Program Studi Pendidikn Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja.
Dibimbing oleh (1) Dr. Susanna Vonny N. Rante S.T., M.Pd. dan (2) Hendrik, S.Pd., M.Pd. Permasalahan peneliti adalah apakah penggunaan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas III UPT SDN 5 Makale? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan
menulis pada pelajaran bahasa inggris menggunakan media flashcard siswa kalas III UPT SDN 5 Makale. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Sumber data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III/B yang terdiri dari 9 laki-laki dan 7 perempuan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, rubrik, dokumentasi, tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III UPT SDN 5 Makale, yang dilihat pada hasil rubrik setiap siklusnya. Nilai rata-rata pada siklus I hanya 49,37 dengan kategori kurang (K) dan
mengalami peningkatan pada siklus II yang mencapai nilai rata-rata siswa 76,25 dengan kategori baik (B). Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa dari penelitian penggunaan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Kata kunci: Penggunaan Media Flashcard. Keterampilan Menulis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan2_1 |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 01:39 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:10 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/674 |