Toding, Eunike (2024) PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV UPT SDN 2 MAKALE. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (876kB)
BAB I.pdf
Download (344kB)
BAB II.pdf
Download (430kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (479kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (447kB)
BAB V.pdf
Download (217kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (437kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Toding Eunike.2024. Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa Kelas IV UPT SDN 2 Makale. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Dibimbing oleh (1) Weryanti Lean Langi’, S.Pd M.Pd.dan(2) Eky Setiawan Salo,S.Kom.,M.Pd
Kata Kunci: Media Puzzle, Hasil Belajar Siswa
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa banyak siswa Kelas IV UPT SDN 2 Makale belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKTP) dalam pelajaran IPAS. Oleh karena itu, peneliti berusaha mencari solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa demi meningkatkan hasil belajar mereka.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini direncanakan dalam empat komponen, yaitu: (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi. Dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media Puzzle Sumber data dalam penelitian ini dalah guru kelas IV dan siswa kelas IV
UPT SDN 2 Makale dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 14 orang lakilaki dan 11 orang perempuan.
Penelitian dilaksanakan dalam II siklus, masing-masing 2 pertemuan melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar observasi, lembar wawancara, lembar evalusi dan lembar kerja siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan direfleksikan
dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan tiap pertemuan oleh observer untuk melihat data aktivitas belajar, sementara data tentang hasil diperoleh melalui tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan Media Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SDN 2 Makale ditandai dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal pada tes yang diberikan dengan baik
dari setiap siklusnya mengalami peningkatan yang baik, adapan ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 48% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar adalah 100%
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 01:49 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 01:49 |
| URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1107 |

