Aprianti, Seremane (2024) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V UPT SDN 6 MAKALE UTARA. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (555kB)
BAB 1.pdf
Download (276kB)
BAB II.pdf
Download (430kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (434kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
BAB V.pdf
Download (252kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (267kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (4MB)
Abstract
Seremane, Aprianti. 2024. Efektivitas Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V UPT SDN 6 Makale Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing oleh Dr. Susanna Vonny N. Rante, S.T., M.Pd. selaku dosen pembimbing I dan Novalia Sulastri, S.Pd., M.Pd. selaku dosen
pembimbing II.
Kata Kunci: Efektivitas, Pendekatan Kontekstual, Media Scrapbook, Hasil
Belajar Siswa
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan kontekstul berbantuan media scrapbook terhadap hasil belajar IPAS di kelas V UPT SDN 6 Makale Utara. Dalam metode penelitian ini, populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V UPT SDN 9 Makale yang berjumlah 38 siswa.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS
(Statistical Product and Service Solution) 25. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen
(eksperimental group), dengan desain pra-exsperimen design tipe two group. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa bahwa penggunaan pendekatan kontekstual berbantuan media pembelajaran scrapbook efektif dalam meningkatkan hasil
belajar pada pembelajaran IPAS siswa kelas Va. Hasil analisis tersebut didukung oleh hasil analisis uji independent sampel t test dengan perolehan nilai signifikan
0,002. Berdasarkan perbandingan nilai signifikan diperoleh 0,002<0,05. Oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media pembelajaran scrapbook dan siswa yang menggunakan metode
konvensional.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 06:19 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 06:19 |
| URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/897 |

