Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Phytagoras

Ernesta, Novitrilia (2025) Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Phytagoras. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Novitrilia Ernesta. (221113003). Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Phytagoras. Hasil belajar matematika siswa masih menjadi tantangan dalam dunia pendidikan, terutama dalam memahami konsep matematika yang abstrak seperti Teorema Phytagoras. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam
mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari yang kemudian berdampak pada rendahnya pemahaman dan hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah pendekatan kontekstual,
yaitu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan materi yang dipelajari dengan situasi nyata yang relevan dengan pengalaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Teorema Phytagoras. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Teknik analisis data menggunakan uji-t Welch. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII UPT SMPN 1 Sangalla Selatan yang terdiri dari tiga kelas dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 26 orang dan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes hasil belajar siswa pada materi teorema Phytagoras. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar, Teorema Phytagoras.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan2_1
Date Deposited: 21 Jul 2025 01:20
Last Modified: 21 Jul 2025 01:20
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item
View Item