Dommassang, Katriani Dea (2025) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Penjumlahan Metode GASING Berdasarkan Tahapan Newman. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Judul.pdf
Download (816kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (473kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Download (623kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (869kB)
![[thumbnail of Bab V]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Download (346kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (434kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Download (2MB)
Abstract
D. Katrianidea. (221113020). AnalisisKesalahanSiswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita OperasiPenjumlahan Metode GASING Berdasarkan Tahapan Newman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja Masalah yang sering dialami yaitu matematika sering dianggap sulit dan membosankan oleh siswa. Siswa sering kali bingung dalam mengubah kalimat dari soal cerita menjadi bentuk operasi matematika yang sesuai, sehingga siswa sering juga melakukan kesalahan saat menghitung, seperti salah menempatkan
angka atau tidak mengikuti langkah-langkah yang benar dalam proses perhitungan. Tujuan dari penelitian ini: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi penjumlahan metode GASING berdasarkan tahapan Newman. Tahapan Newman adalah salah satu tahapan yang akan digunakan untuk menganalisis kesalahan yang sering dilakukan oleh peserta didik, dengan menggunakan metode ini, pendidik dapat lebih mudah mengidentifikasi area dimana siswa mengalami kesalahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis matematika GASING dan tes wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Tikala yang dimana pemilihan subjek dikategorikan menjadi (3) yaitu (1)subjek dengan kategori tinggi ST, (2)subjek dengan kategori sedang SS dan (3) subjek dengan kategori rendah SR.
Hasil penelitian menunjukkan subjek dengan kategori tinggi ST tidak melakukan kesalahan sesuai denga indikator kesalahan menurut tahapan Newman, subjek dengan kategori sedang SS melakukan kesalahan pada bagian memahami soal dan
menuliskan jawaban atau kesimpulan dan subjek dengan kategori rendah SR melakukan kesalahan pada bagian memahami soal, proses penyelesaian dan menuliskan jawaban atau kesimpulan.
Kata kunci: Penjumlahan, GASING, Newman, Soal Cerita.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan2_1 |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:04 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:04 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/684 |