Palembangan, Dalle’ (2025) Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Pecahan. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Judul.pdf
Download (494kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (317kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Download (549kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (438kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of Bab V]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (298kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Download (2MB)
Abstract
Palembangan Dalle’ 221113031. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Pecahan Di SMPN 2 Bangkelekila”. Skripsi pada Program Studi Matematika,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja. Pembimbing (I)Drs. Rubianus M.Pd (II)Dr. Lusiana Delastri S.Si., M.Pd. Literasi matematika
adalah kemampuan seseorang dalam merumuskan, menggunakan, menganalisis,menjelaskan dan memecahkan masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan lityerasi matematis siswa di SMPN 2 Bangkelekila dalam meyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pada materi pecahan. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini dalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 2 Bangkelekila tahun ajaran 2025 sebanyak 26 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa dengan kategori tinggi mampu mengungkapkan empat aspek kemampuan literasi matematis diantaranya siswa mampu merumuskan/ menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan,siswa mampu menganalisis dan memilih jalan penyelesaian, siswa mampu memecahkan masalah yang terdapat dalam soal, siswa mampu menjelaskan prosedur dalam sebuah pertanyaan soal. (2) Siswa dengan kategori sedang hanya mampu mengungkapkan tiga aspek kemampuan literasi matematis, diantaranya siswa mampu merumuskan/ menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan,siswa mampu menganalisis dan memilih jalan penyelesaian, siswa mampu memecahkan masalah yang terdapat dalam soal. (3) siswa dengan kategori rendah hanya mampu mengungkapkan dua aspek kemampuan literasi matematis diantaranya siswa mampu merumuskan/ menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, siswa mampu menganalisis dan memilih jalan penyelesaian.
Kata kunci: Pecahan ,Kemampuan Literasi Matematis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan2_1 |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 06:51 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 06:52 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/682 |