Kilo, Kristiani (2025) Penerapan Model Pembelajaran RADEC Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran SBdP di Kelas V UPT SDN 10 Makale Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Bab I]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (219kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Download (358kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (585kB)
![[thumbnail of Bab V]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Download (151kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Download (5MB)
Abstract
Kilo, Kristiani,2025. Penerapan Model Pembelajaran RADEC
Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran SBdP di Kelas V UPT SDN 10 Makale Kecamatan Makale Kabupaten
Tana Toraja. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja. Skripsi Dibimbing oleh: (1) Reni Lolotandung, S.Pd., M.Pd. dan (2)Sefrin S. Tangkearung, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran RADEC untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V UPT SDN 10 Makale. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan pembelajaran mengikuti pola pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran RADEC yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari empat tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif yang terdiri dari lembar observasi guru dan siswa untuk memperoleh gambaran langsung tentang aktivitas belajar, rubrik untuk penilaian keterampilan, wawancara untuk melengkapi hasil observasi dan studi dokumentasi untuk mendokumentasikan data aktivitas guru dan siswa saat proses
kegiatan mengajar secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model
pembelajaran RADEC dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran SBdP kelas V UPT SDN 10 Makale. Hal ini dapat dilihat pada hasil rubrik penilaian keterampilan siswa siklus I hanya 7 siswa atau 41,17% yang masuk kategori baik dengan nilai rata-rata 65,49% dan meningkat pada siklus II sudah 14 siswa atau 82,4% masuk kategori nilai sangat baik dengan nilai rata-rata 84,17%. Data diatas mendeskripsikan
bahwa dengan kreativitas siswa dapat meningkat, dengan menerapkan model pembelajaran RADEC serta dibuktikan melalui hasil karya siswa yaitu anyaman dari barang-barang bekas menjadi barang yang bermanfaat khususnya dalam pembelajaran SBdP bagi siswa kelas V di UPT SDN 10 Makale.
Kata Kunci: Model pembelajaran RADEC, kreativitas, pembelajaran SBdP
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan2_1 |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 00:16 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 00:16 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/678 |