Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III UPT SDN 1 Makale

Sedan, Maria (2025) Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III UPT SDN 1 Makale. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (944kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (12MB)

Abstract

Sedan, Maria, 2025. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III UPT SDN 1 Makale Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
Dibimbing oleh (1) Irene Hendrika R, S Psi.,M.Psi. dan (2)
Yulianus Marampa Rombeallo, S.H., M.H. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan di tempat penelitian, bahwa
motivasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III UPT SDN 1 Makale dengan jumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan Model
Problem Based learning berbantuan media Pop Up Book. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus teridiri dari 4 tahap (1) perencanaan, (2) Tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini mengacu pada Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang telah ditentukan untuk siswa kelas III UPT SDN 1 Makale. Pada pelaksanaan Tindakan siklus I, dari jumlah siswa sebanyak 15
orang yang memperoleh nilai dan mencapai KKTP, ada sebanyak 4 orang siswa dengan presentase 20% dan 11 orang siswa yang belum mencapai KKTP dengan presentase ketidaktuntasan sebesar 30%. Pada pelaksanaan Tindakan siklus II, siswa yang memperoleh nilai mencapai KKTP sebanyak 13 orang dengan
presentase ketuntasan sebesar 80% dan siswa yang belum mencapai KKTP sebanyak 2 orang dengan presentase ketidaktuntasan sebesar 10%.
Kata Kunci: Motivasi, Media Pop Up Book, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan2_1
Date Deposited: 07 Jul 2025 01:52
Last Modified: 07 Jul 2025 02:09
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item
View Item