Dewi (2025) Penerapan Teknik Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III UPT SDN 6 Makale Selatan. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN SAMPUL.pdf
Download (503kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
![[thumbnail of Bab V]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (11kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Download (6MB)
Abstract
Dewi, 2025: Penerapan Teknik Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III UPT SDN 6 Makale Selatan. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing oleh: (1) Hendrik, S.Pd., M.Pd. (2) Trivena, S.Pd., M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan teknik gamifikasi pada siswa kelas III UPT SDN 6 Makake Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tinadakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan II yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika pada kelas III UPT SDN 6 Makale
Selatan melalui teknik gamifikasi. Adapun hasil yang didapatkan yaitu pada siklus I mendapatkan rata-rata persentase angket sebesar 67,57% dan termasuk dalam kualifikasi tinggi, namun belum memenuhi target penelitian maka dilanjutkan pada siklus II yang mendapatkan persentase 84,18% dan termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi. Jadi adanya peningkatan rata-rata persentase angket dari siklus I ke siklus II sebesar 16,61%. Kesimpulan dari penelitian ini
bahwa melalui teknik gamifikasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III UPT SDN 6 Makale Selatan.
Kata kunci: teknik gamifikasi, motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan2_1 |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 01:05 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:11 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/672 |