Penerapan Teknik Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III UPT SDN 6 Makale Selatan

Dewi (2025) Penerapan Teknik Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III UPT SDN 6 Makale Selatan. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dewi, 2025: Penerapan Teknik Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III UPT SDN 6 Makale Selatan. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing oleh: (1) Hendrik, S.Pd., M.Pd. (2) Trivena, S.Pd., M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan teknik gamifikasi pada siswa kelas III UPT SDN 6 Makake Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tinadakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan II yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika pada kelas III UPT SDN 6 Makale
Selatan melalui teknik gamifikasi. Adapun hasil yang didapatkan yaitu pada siklus I mendapatkan rata-rata persentase angket sebesar 67,57% dan termasuk dalam kualifikasi tinggi, namun belum memenuhi target penelitian maka dilanjutkan pada siklus II yang mendapatkan persentase 84,18% dan termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi. Jadi adanya peningkatan rata-rata persentase angket dari siklus I ke siklus II sebesar 16,61%. Kesimpulan dari penelitian ini
bahwa melalui teknik gamifikasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III UPT SDN 6 Makale Selatan.
Kata kunci: teknik gamifikasi, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan2_1
Date Deposited: 07 Jul 2025 01:05
Last Modified: 07 Jul 2025 02:11
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item
View Item