LEBOK, AGUSTINA (2024) PENGGUNAAN MEDIA LAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V UPT SDN 5 MAKALE. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (745kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (234kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (295kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (518kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (721kB)
![[thumbnail of Bab V]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (352kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Lebok, Agustina, 2024. Penggunaan Media Lapbook untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V UPT SDN 5 Makale Tahun Pelajaran
2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing oleh (1) Trivena, S.Pd., M.Pd dan Topanus Tulak, S.Si., M.Pd.
Penelitian ini dilandasi pada kenyataan dilapangan yang dilakukan, bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS masih tergolong rendah. Dapat dilihat pada rumusan masalah dalam penelitian ini ―Berdasarkan latar belakang maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan media Lapbook dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS Kelas V di UPT SDN 5 Makale‖. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindalkan Kelas (PTK). Sibjektif penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SDN 5 Makale dengan jumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tajun pelajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan
menggunakan media Lapbook. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksankan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus teridiri dari empat tahap (1) perencanaan, (2) Tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini mengacu pada Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
(KKTP) yang telah ditentukan untuk siswa kelas V UPT SDN 5 Makale. Pada pelaksanaan Tindakan siklus I dari jumlah siswa sebanyak 20 siswa yang memperoleh nilai mencapai KKTP sebanyak 8 orang dengan presentase 40% dan 12 siswa yang memperoleh nilai belum mencapai KKTP dengan presentase ketidak tuntasan 60%. Pada pelaksanaan Tindakan siklus II, Siswa yang memperoleh nilai mencapai KKTP sebanyak 16 siswa dengan presentase ketuntasan 80% dan siswa yang belum mencapai nilai KKTP sebanyak 4 orang dengan presentase ketidak tuntasan 20%. Maka disimpulkan bahwa dengan
penggunaan Media Lapbook dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siwa kelas V UPT SDN 5 Makale.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Media Lapbook, IPAS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 00:37 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 00:37 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/669 |