PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS V UPT SDN 8 REMBON

Toding Datu, Rezkia (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS V UPT SDN 8 REMBON. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (822kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Toding Datu, Rezkia, 2024. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Pada Siswa Kelas V UPT SDN 8 Rembon. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja. Skripsi. Dibimbing oleh: (1) Benyamin Salu, S.Pt., M.Pd. dan (2) Dr. Harmelia Tulak, S.Psi., M.Psi.
Kata Kunci : Model Cooperative Learning Tipe Scramble, keaktifan belajar siswa
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar PPKn pada siswa kelas V UPT SDN 8 Rembon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan pembelajaran mengikuti langkah-langkah pembelajaran model cooperative learning tipe scramble, yang terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari empat tahapan perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan tahapan analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah data, mereduksi data, penyajian data, dan menarik
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model cooperative learning tipe scramble dapat meningkatkan keaktifan belajar PPKn pada siswa kelas V UPT SDN 8 Rembon. Hal ini dapat dilihat pada hasil rubrik penilaian keaktifan siswa siklus I hanya 10 siswa (50%)
yang masuk kategori aktif, 6 siswa (30%) masuk dalam kategori cukup aktif dan 4 siswa (20%) masuk dalam kategori kurang aktif, dengan nilai rata-rata 69,4% dan meningkat pada siklus II 11 siswa (55%) masuk dalam kategorisangat aktif, 7 siswa (35) masuk dalam kategori aktif dan 2 siswa (10%) masuk dalam kategori cukup aktif, dengan nilai rata-rata 85,75%. Data tersebut mendeskripsikan bahwa dengan
menerapkan model cooperative learning tipe scramble maka dapat meningkatkan keaktifan belajar PPKn pada siswa kelas V UPT SDN 8 Rembon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan1_1
Date Deposited: 03 Dec 2025 03:26
Last Modified: 03 Dec 2025 03:26
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item
View Item