Patinggi, Nomer (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI GELAR KARYA MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN KELAS V DI SDN 6 KESU’. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (670kB)
BAB I.pdf
Download (435kB)
BAB II.pdf
Download (342kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (518kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (619kB)
BAB V.pdf
Download (319kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (320kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Patinggi, Nomer, 2024. “Analisis Implementasi Gelar Karya Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Kelas V SDN 6 Kesu‟‟. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja. Di bombing
Oleh Pembimbing I Hakpantria, S.Pd., M.Pd, dan Pembimbing II Roberto Salu Situru, S.IP., M.IP.
Kata Kunci : Gelar karya, gaya hidup berkelanjutan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implemetasi gelar karya melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada tema gaya hidup berkelanjutan kelas V di SDN 6 Kesu‟. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di SDN 6 Kesu‟. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi gelar melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila pada tema gaya hidup telah dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Dimana dalam tahap perencanaan dilakukan identifikasi judul,pemilihan tema, identifikasi area fikus, mengumpulkan, menganalisis, dan pengembangan rencana tindakan. Dalam tahap pelaksanaan melakukan langkah-langkah yang telah diuraikan dalam rencana tindakan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dan dalam tahap evaluasi dilakukan penilaian dan mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi gelar karya. Implementasi gelar karya dapat menjadi cara untuk mengajarkan nilai-nilai pancasila melalui gaya hidup berkelanjutan dengan meningkatkan kesadaran peserta didik akan gaya hidup berkelanjutan. Dengan harapan kepada guru dan kepala sekolah untuk lebih
meningkatkan kesadaran siswa akan kebiasaan hidup sehat dan berkelanjutan di lingkungan sekolah dan sekitarnya.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:44 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 02:44 |
| URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1139 |

