Pasassa’, Maria Esmiati (2024) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA TALLU LOLONA PADA SISWA UPT SDN 9 SANGALLA UTARA. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (444kB)
BAB I.pdf
Download (138kB)
BAB II.pdf
Download (156kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (28kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
BAB V.pdf
Download (122kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (125kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (801kB)
Abstract
Maria Esmiati Pasassa’ ; 2024, Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Tallu Lolona pada Siswa Di Sekolah Dasar UPT SDN 9 Sangalla Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja dibimbing oleh (1) Irene Hendrika R.,S.Psi.,M.Psi (2) Marchelina Rante, S.H.,M.H.
Kata kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Budaya Tallu Lolona
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penanaman nilai-nilai karakter di sekolah yang meliputi komponen pengetahuan dan kesadaran serta tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, sehingga anak atau peserta didik memiliki kesadaran dan pemahaman yang tinggi, kepedulian serta komitmen untuk menerapkan kebijakan dalam kehidupan sehari hari.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
implementasi nilai Pendidikan karakter berbasis budaya tallu lolona pada siswa di sekolah dasar UPT SDN 9 Sangalla Utara. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, tokoh adat, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahapan
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa implementasi nilai pendidikan karakter berbasis budaya tallu lolona menekankan pentingnya memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya dalam pendidikan, ini dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai seperti nilai religius sebelum belajar siswa terlebih dahulu berdoa, nilai disiplin diterapkan dengan cara siswa datang ke sekolah tepat waktu, nilai jujur, siswa jujur dalam mengerjakan tugas, dan semangat kebangsaan, siswa antusias dalam melaksanakan upacara bendera. Hal ini bertujuan untuk menekankan pentingnya memperkuat nilai-nilai lokal serta untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal ke dalam sistem pendidikan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:09 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 02:09 |
| URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1135 |

