ANALISIS TEKNIK ICE BREAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD KRISTEN MALANGO’ TAGARI 1

Membura, Irene Jesica (2024) ANALISIS TEKNIK ICE BREAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD KRISTEN MALANGO’ TAGARI 1. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (892kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Dfatar Pustaka] Text (Dfatar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf

Download (942kB)

Abstract

Membura, Irene Jesica. 2024. Analisis Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Kelas IV di SD Kristen Malango’ Tagari 1. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Indonesia Toraja. Di bimbing oleh (1) Trivena S.Pd., M.Pd. pembimbing (2) Tadius S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Ice breaking, pembelajaran matematika, minat belajar. Proses pembelajaran matematikadi kelas IV SD Kristen Malango Tagari 1, terdapat kegiatan teknik ice breaking, guru memberikan ice breaking di awal pembelajaran, tengah pembelajaran dan akhir pembelajaran. Berbagai macam
teknik ice breaking yang dilakukan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran matematika di kelas IV. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pelaksanaan teknik ice breaking pada pembelajaran matematika dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Kristen Malango’ tagari 1.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tiga teknik pengambilan data yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kristen Malango’ Tagari 1 pada bulan Januari hingga Februari 2024. Subjek penelitian ini adalah wali Kelas sekaligus guru matematika kelas IV dan peseta didik kelas IV. Hasil penelitian antara lain: (1) pelaksanaan teknik ice breaking pada pembelajaran Matematika kelas IV SD Kristen Malango’ Tagari 1 yang terapkan yaitu teknik ice breaking yaitu: tepuk, humor, lagu, gerak tubuh dan games, (2) pelaksanaan ice breaking dalam pembelajaran, menciptakan perasaan senang, bagi peserta didik, membangkitkan semangat belajar peserta didik, memfokuskan konsentrasi peserta didik, mencairkan suasana, mengurangi rasa kantuk dan bosan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan1_1
Date Deposited: 01 Dec 2025 03:10
Last Modified: 01 Dec 2025 03:10
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1120

Actions (login required)

View Item
View Item