PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV UPT SDN 5 MAKALE

Bara’padang, Irawati (2024) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV UPT SDN 5 MAKALE. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (617kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bara’padang Irawati 2024. Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV UPT SDN 5 Makale, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesa Toraja. Dibimbing oleh (1) Yohanis Padallingan, S.Pd., M.Pd. dan (2) Trivena, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Metode Mind Mapping, Keterampilan Menulis Narasi
Permasalah penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa dengan menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas IV UPT SDN 5 Makale?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi kelas IV UPT SDN 5 Makale melalui penerapan metode Mind Mapping. Jenis
penelitian yang dilakukan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setia siklus meliputi tahap
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV/B yang terdiri dari 6 laki-laki dan 8 perempuan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi. Rubrik, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV UPT SDN 5 Makale. Yang dilihat pada hasil rubrik setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada siklus I hanya 52,71
dengan kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II yang mencapai nilai rata-rata siswa 84,28 dengan kategori Baik (B). Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa dari penelitian penggunaan meode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan1_1
Date Deposited: 27 Nov 2025 07:07
Last Modified: 27 Nov 2025 07:07
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1116

Actions (login required)

View Item
View Item