Soyo’, Imelda (2024) PENGGUNAAN TEKNIK STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV UPT SDN 2 MAKALE. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (776kB)
BAB I.pdf
Download (377kB)
BAB II.pdf
Download (757kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (718kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Download (276kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (298kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (9MB)
Abstract
Soyo’ Imelda 2024, Penggunaan Teknik Storytelling untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajran Bahasa Indonesia di kelas IV UPT SDN 2 Makale, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing oleh (1) Dr. Tadius, S.Pd., M.Pd dan (2) Marchelina Rante, S.H.,M.H
Kata kunci: Teknik Storytelling, keterampilan berbicara
Permasalahan penelitin ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan teknik Storytelling pada siswa kelas IV UPT SDN 2 Makale. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan teknik Storytelling. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan setiap siklus meliputi tahap
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SDN 2 Makale sebanyak 20 terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi, Rubrik, Wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknik Storytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SDN 2 Makale yang dapat dilihat pada hasil tes keterampilan berbicara siswa siklus I didapati 40% atau sebanyak 8 siswa berhasil mencapai standar yang ditetapkan sementara 60% atau sebanyak 12 siswa belum mencapai standar yang diharpakan. Terlihat pada siklus II terjadi peningkatan yaitu terdapat 19 siswa atau 95% yang mencapai nilai diatas 75. Sehingga dapat dikategorikan sebagai siswa yang berhasil atau tuntas. Sementara itu hanya 1 siswa (5%) yang mendapatkan nilai dibawah 75. Selain itu, hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 07:02 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 07:02 |
| URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1115 |

