Pasanda, Diana (2024) PENERAPAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI SISWA KELAS V UPT SD KRISTEN MAKALE 1. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (831kB)
BAB I.pdf
Download (314kB)
BAB II.pdf
Download (373kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (482kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (859kB)
BAB V.pdf
Download (184kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (299kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (12MB)
Abstract
Pasanda Diana, 2024. Penerapan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Siswa Kelas V UPT SD Kristen Makale 1. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing Oleh: (1) Hakpantria, S.Pd., M.Pd. dan (2) Yulianus M. Rombeallo, S.H., M.H.
Kata kunci: Media Komik Digital, Kemampuan Membaca Pemahaman
Penelitian ini membahas tentang penerapan media komik digital untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks narasi siswa kelas V UPT SD Kristen Makale 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks narasi siswa dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia menggunakan media pembelajaran komik digital. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang direncanakan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan 6 kali pertemuan dengan subyek penelitian adalah 22 siswa kelas VB UPT SD Kristen Makale 1 semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data yang diperoleh dari tes rubrik, observasi guru dan siswa, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media komik digital efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Ketuntasan membaca pemahaman siswa meningkat dari 59,09% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II. Nilai rata-rata siswa juga meningkat dari 58,86 pada siklus I menjadi 70,45 pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan media komik digital sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan, dan proses pembelajaran di kelas V UPT SD Kristen Makale 1 berjalan dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 01:05 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 01:05 |
| URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1105 |

