Palindang, Debi (2024) IMPLIKASIMODELPEMBELAJARANMODIFIEDFREEINQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITISPADAPEMBELAJARANIPASKELASIV SDN2TALLUNGLIPU. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
Sampul.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (272kB)
BAB II.pdf
Download (384kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
BAB V.pdf
Download (240kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (207kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (811kB)
Abstract
DebiPalindang. 2024 “Implikasi Model Pembelajaran Modified Free InquiryTerhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPASKelas IV SDN 2 Tallunglipu”. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah DasarFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja. Di bawah bimbingan ibu Dr. Susanna Vonny N.Rante., ST.,M.Pd. selaku pembimbing I dan bapak Topanus Tulak, S.Si.,M.Pd.selakudosen pembimbingII
KataKunci:Implikai,Model Pembelajaran,Keterampilan Berpikir Kritis
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui implikasi model pembelajaran modified free inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN2 Talunglipu. Dalam metode penelitia ini,populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Tallunglipu yangberjumlah 57 siswa. Instrumen yang digunakan untuk megumpulkan data dalamenelitian ini adalah
soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakanaplikasiSPSS(StasticalProductandServiceSolution)26.Pendekatanya yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif,jenis penelitian eksperimen. (Experimentl group), dengan desain pra-eperimen design tipe twogroup.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan pendekatan
kontekstual berbantuan model modifiedinquiry terhadap keterampilan berikir kritis pada pembelajaran IP ASkelas IV. Hal ini ditunjukkan nilai signifikan pada hasil uji independet samel test -0,059 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Hasil analisis tersebut juga didukung oleh perbandingan antara nilai rhitung dan rtabel dari perhitungan uji tersebut diperoleh 0,778 dan nilai rtabel=0,374 maka penelitia
ini Hoditolak dan H1diterima karenanilai rhitung>rtabel.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 07:24 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 07:24 |
| URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1103 |

