PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING(PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI SDN 3 TIKALA

Barung, Damaris Upa' Lukas (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING(PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI SDN 3 TIKALA. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Sampul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (956kB)

Abstract

Damaris Upa’ Lukas Barung, 2024 Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Kelas VI SDN 3 Tikala. Skripsi pada Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing oleh (1) Novalia Sulastri, S.Pd., M.Pd dan (2) Iindarda S Panggalo, M.Psi. Psikolog.
Kata Kunci: Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Penelitian ini mengkaji tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPAS kelas VI SDN 3 Tikala. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas VI SDN 3 Tikala. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 3 Tikala. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk memperoleh gambaran langsung tentang aktivitas belajar siswa dan guru melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model project based learning (PjBL) dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data melalui lembar observasi dapat diperoleh bahwa tingkat keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I observasi guru berada pada kategori cukup dengan persentase 69,33% meningkat pada pertemuan II berada pada kategori baik dengan persentase 71,50% dan meningkat pada siklus II pertemuan I dan II dengan persentase 74,40% dan 85,33%. Sementara untuk hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau 37,5% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 atau 62,5% dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 atau 81,75% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa atau 18,75% dalam kelas VI SDN 3
Tikala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan1_1
Date Deposited: 26 Nov 2025 03:01
Last Modified: 26 Nov 2025 03:01
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1097

Actions (login required)

View Item
View Item