Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa UPT SDN 21 Mengkendek

Birana, Aldescia (2025) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa UPT SDN 21 Mengkendek. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Birana, Aldescia. 2025.“ Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa Upt Sdn 21 Mengkendek”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UKI Toraja.
Dibimbing oleh (1) Eky Setiawan Salo dan (2) Mersilina L. Patintingan. Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini peran orang tua untuk anak sangat penting dalam perkembangan belajar anak, orang tua yang mendukung proses kegiatan belajar anak akan memberikan semangat sehingga dapat berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung pada hasil belajarnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Ex-postfacto. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas III dan siswa kelas III
UPT SDN 21 Mengkendek dengan jumlah siswa 19 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 9 orang perempuan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Angket, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui melalui isntrumen penelitian. Instrumen penelitian digunakan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan apa yang di teliti. instrumen digunakan untuk mengukur nilai variabel yang akan diteliti. Kesimpulan dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kondisi lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas III UPT SDN 21 Mengkendek. Hasil uji T menunjukkan bahwa Thitung 6,264 lebih besar dari Ttabel 2,109. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 69,8% pengaruh kondisi lingkungan keluarga terhadap prestasi siswa.
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, Orangtua

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan2_1
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:09
Last Modified: 07 Jul 2025 02:09
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item
View Item