Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Thowing Berbantuan Media Video Animasi Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Makale Selatan

Jesika (2025) Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Thowing Berbantuan Media Video Animasi Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Makale Selatan. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (582kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jesika. 2025. “Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Thowing Berbantuan Media Video Animasi Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Makale Selatan”. Skripsi pada Program Studi Pendididkan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing oleh (1) Theresyam Kabanga’, S.Pd.,M.Pd. dan (2) Reni Lolotandung, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran menggunakan model Snowball Throwing berbantuan media video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 4 Makale Selatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 4 Makale Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk memperoleh gambaran langsung tentang aktivitas belajar siswa dan guru melalui penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media video animasi dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dari penelitian ini adalah hasil tes siswa yang berhubungan dengan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh yang ditunjukkan dengan nilai tes akhir pada siklus I dengan nilai rata-rata 62,14 dengan persentase ketuntasan 46,15% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,30 dengan persentase ketuntasan 92,30% pada tes akhir yang dilaksanakan.
Kata kunci : Snowball Throwing, video animasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan2_1
Date Deposited: 07 Jul 2025 01:22
Last Modified: 07 Jul 2025 02:11
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item
View Item