PARE, AGUSTINA (2024) PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN KELAS IIIA DI SD KRISTEN MAKALE 1. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
![[thumbnail of Halaman Sampul]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN SAMPUL.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Bab I]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (216kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (239kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (305kB)
![[thumbnail of Bab V]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pare Agustina,2024. Penggunaan Metode jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar perkalian Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IIIA Di SD Kristen Makale 1 Kabupaten Tana Toraja. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing oleh: (1) Roberto S.Situru, S.IP., M.IP. dan (2) Sefrin S. Tangkearung, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: metode jarimatikai. Hasil Belajar matematika
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar perkalian pada mata pelajaran matematika kelas III di SD Kristen Makale 1 Kecamatan Makale?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar perkalian pada mata
pelajaran matematika dengan menggunakan metode jarimatika pada siswa kelas III SD Kristen Makale 1. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri dari empat tahap yaitu: (a) Perencanaan, (b) Tindakan, (c) Observasi, (d) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Kristen Makale 1 yang berjumlah 33 orang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 14 orang perempuan pada semester ganjil 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah fokus proses dan fokus hasil.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi konsep dasar perkalian dengan pemanfaatan penggunaan metode jarimatika dapat dilihat dari tes formatif siswa yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Hasil tes siklus I dengan ketuntasan belajar 48% dengan kriteria sangat kurang dilanjutkan ke siklus II dengan nilai ketuntasan 90% pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan selama 2 siklus disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar perkalian pada mata pelajaran matematika kelas III SD Kristen Makale 1 Kecamatan Makale.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 01:30 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 01:30 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/670 |