Klasifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Kristen Indonesia Toraja Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor

Patandung, Winda (2024) Klasifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Kristen Indonesia Toraja Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gaya belajar merupakan cara termudah yang dimiliki oleh individu dalam menyerap, mengatur, dan mengolah informasi yang diterima. Gaya belajar yang sesuai adalah kunci keberhasilan siswa dalam belajar. Menyadari hal ini, siswa
mampu menyerap dan mengolah informasi dan menjadikan belajar lebih mudah dengan gaya belajar siswa sendiri, penggunaan gaya belajar yang dibatasi hanya dalam satu bentuk, terutama yang bersifat verbal atau dengan jalur auditorial, tentunya dapat menyebabkan adanya ketimpangan dalam menyerap informasi, oleh karena itu dalam kegiatan belajar, mahasiswa perlu dibantu dan diarahkan untuk mengenali gaya belajar yang sesuai dengan dirinya sehingga tujuan pembelajaran
dapat dicapai secara efektif. Gaya belajar VAK meliputi gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Pada dasarnya setiap mahasiswa memiliki gaya belajar tersebut namun tidak semuanya yang berkembang secara
seimbang melainkan ada yang mendominasi dengan gaya belajar yang dimilikinya terutama pada mahasiswa Fakultas Pertanian Pada penelitian ini membandingkan algoritma dalam klasifikasi gaya belajar dengan menggunakan model VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) dimana hasil yang diperoleh gaya belajar paling dominan yaitu gaya belajar dengan model kinesthetic dengan persentase 50% atau 100 mahasiswa. Pemodelan algoritma dengan nilai akurasi tertinggi pada algoritma K-Nearest Neighbor Dengan nilai akurasi 92,5% algoritma K-Nearest Neighbor cocok digunakan untuk klasifikasi gaya belajar mahasiswa. Kata Kunci: Gaya Belajar, Visualization, Auditory ,Kinestetic, Fakultas Pertanian, K-Nearest Neighbor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan2_1
Date Deposited: 14 Feb 2025 05:54
Last Modified: 14 Feb 2025 05:54
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item
View Item