Massila’, Resti (2024) PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV UPT SDN 8 SALUPUTTI. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (532kB)
BAB II.pdf
Download (620kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (982kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (725kB)
BAB V.pdf
Download (435kB)
BAB VI.pdf
Download (526kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (526kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (4MB)
Abstract
Massila’, Resti. 2024. “Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Hasil Belajar IPAS Kelas IV UPT SDN 8 Saluputti.” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UKI Toraja. Dibimbing oleh Dr. Theresyam Kabanga’, S. Pd., M.Pd. dan (2) Weryanti Lean Langi’, S. Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Diorama, Hasil Belajar Siswa
Latar belakang dilaksanakannya penelitian tindakan kelas (PTK) ini karena masih banyak siswa Kelas IV UPT SDN 8 Saluputti belum mencapai KKTP pada mata pelajaran IPAS. Atas dasar itulah peneliti mencoba mencari pemecahan masalah yang
dihadapi siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini direncanakan dalam empat komponen, yaitu: (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan
tindakan (3) observasi (4) refleksi. Dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media diorama Sumber data dalam penelitian ini dalah guru kelas IV dan
siswa kelas IV UPT SDN 8 Saluputti dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus, masingmasing 3 pertemuan melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar observasi, lembar wawancara, lembar evalusi dan lembar kerja siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan direfleksikan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan tiap pertemuan oleh observer untuk melihat data aktivitas belajar, sementara data tentang hasil diperoleh melalui tes yang dilaksanakan
setiap akhir siklus. Hasil dari penelitian dengan menggunakan Media Diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SDN 8 Saluputti ditandai dengan
kemampuan menyelesaikan soal-soal pada tes yang diberikan dengan baik dari setiap siklusnya sehingga mengalami peningkatan yang baik, adapun ketuntasan hasil belajar
pada siklus I adalah 48% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar adalah 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SDN 8 Saluputti.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:53 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 02:53 |
| URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1141 |

