PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS V UPT SDN 1 MAKALE

Rante, Mita Toding (2024) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS V UPT SDN 1 MAKALE. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rante, Mita Toding, 2024. Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Canva IPAS Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SDN 1 Makale. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing oleh: (1) Dr. Theresyam Kabanga‟, S.Pd., M.Pd. dan (2) Trivena, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Audio visual, Motivasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 1 Makale. Hal ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 1 Makale. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan pembelajaran mengikuti prosedur pola pembelajaran menggunakan media audio visual yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari empat tahap , tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif yang terdiri dari lembar observasi guru dan siswa untuk memperoleh gambaran langsung tentang aktivitas belajar, angket motivasi belajar, wawancara untuk melengkapi hasil observasi dan studi dokumentasi untuk mendokumentasikan data aktivitas guru dan siswa saat proses kegiatan mengajar berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPAS siswa kelas V SDN 1 Makale. Hal ini dapat
dilihat pada hasil angket motivasi belajar siswa, siklus I hanya 7 siswa atau 38,89% yang masuk kategori tinggi dengan nilai persentase 53,84 dan meningkat pada siklus II terdapat 15 siswa atau 83,33% dengan kategori sangat baik (SB).
Data di atas mendeskripsikan bahwa motivasi siswa dapat meningkat dengan menggunakan media audio visual berbasis canva dalam pembelajaran IPAS siswa kelas V SDN 1 Makale.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan1_1
Date Deposited: 03 Dec 2025 02:34
Last Modified: 03 Dec 2025 02:34
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item
View Item