PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN NUMERASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II UPT SDN 13 REMBON

Metilda, Metilda (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN NUMERASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II UPT SDN 13 REMBON. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (715kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metilda, 2024 Penggunaan Media Papan Numerasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II UPT SDN 13 Rembon Kabupaten Tana Toraja. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing Oleh (I) Irene Hendrika R., S.Psi.,M.Psi., dan (II) Marilyn Lasarus S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Media Papan Numerasi, Hasil Belajar Siswa.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II UPT SDN 13 Rembon Kabupaten Tana Toraja. Hal ini disebabkan oleh dua fakor, yaitu faktor guru dan faktor siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas II UPT SDN 13 Rembon Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi : observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, sedangkan tahapan analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah data, rekduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dalam penelitian ini ialah hasil tes siswa yang berhubungan dengan
meningkatnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada tahap pra siklus, persentase ketuntasan belajar siswa adalah 37,03% dengan kategori sangat kurang dengan 10 siswa dinyatakan tuntas dan 16 siswa dinyatakan tidak tuntas
dan nilai rata-rata kelas pada tahap ini adalah 60. Kemudian pada siklus I terjadi peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siswa 65,3% dengan kategori yang juga masih kurang dengan nilai rata-rata kelas 67,3 (kurang), dan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dengan persentase ketuntasan belajar 84,6% dengan kategori baik dengan nilai rata-rata 82,3 (baik). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan
numerasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas II UPT SDN 13 Rembon Kabupaten Tana Toraja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan1_1
Date Deposited: 03 Dec 2025 02:30
Last Modified: 03 Dec 2025 02:30
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item
View Item