Tandigau’, Natalia Kristi (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS 1 UPT SDN 2 MAKALE KABUPATEN TANA TORAJA. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (748kB)
BAB I.pdf
Download (344kB)
BAB II.pdf
Download (478kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (390kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (568kB)
BAB V.pdf
Download (215kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (435kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tandigau’, Natalia Kristi. 2024.“ Penerapan Model Pembelajaran ASSURE Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan di Kelas 1 UPT SDN 2 Makale Kabupaten Tana Toraja”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UKI Toraja. Dibimbing oleh (1) Dr. Topanus Tulak, S.Si., M.Pd. dan (2) Dr. Susanna Vonny N. Rante, S.T., M.Pd.
Kata Kunci: ASSURE, Media Wordwall, Membaca Permulaan
Latar belakang dilaksanakannya penelitian Tindakan kelas (PTK) ini karena masih banyak siswa kelas 1 UPT SDN 2 Makale belum mencapai KKTP dengan materi membaca permulaan. Atas dasar itulah peneliti mencoba mencari pemecahan masalah yang dihadapi siswa dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran ASSURE.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas 1 dan siswa kelas 1 UPT SDN 2 Makale dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.
Penelitian dilaksanakan dalam II siklus, masing-masing 3 pertemuan melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan , (3) observasi, (4) refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
dan direfleksikan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan tiap pertemuan oleh observer untuk melihat data aktivitas belajar, sementara data tentang hasil diperoleh melalui tes
kemampuan membaca yang dilakukan di akhir siklus.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran ASSURE, siswa dapat membaca permulaan dengan lancar dari kata yang diucapkan peserta didik tidak terpotong, pelafalan dalam membaca terucap dengan nada atau
intonasi yang jelas. Penerapan model pembelajaran ASSURE ini mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas 1 UPT SDN 2 Makale Tana Toraja.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 07:31 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 07:31 |
| URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1127 |

