PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PACE (PROJECT, ACTIVITY, COOPERATIVE LEARNING, EXERCISE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV UPT SDN 2 MAKALE

Pasangka’, Hasriyani (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PACE (PROJECT, ACTIVITY, COOPERATIVE LEARNING, EXERCISE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV UPT SDN 2 MAKALE. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pasangka’, Hasriyani, 2024: Penerapan Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SDN 2 Makale. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing oleh: (1) Reni Lolotandung dan (2) Tadius.
Kata kunci: model PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise), Hasil Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise)
pada siswa kelas IV UPT SDN 2 Makale. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika tentang bilangan pada kelas IV UPT SDN 2 Makale melalui model PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise). Peningkatan tersebut
dapat dilihat pada hasil tes hasil belajar matematika siswa siklus I didapati 40% atau 8 siswa berhasil mencapai target yang telah ditetapkan dan 60% atau 12 siswa yang belum mencapai target yang diharapkan. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yaitu terdapat 95% atau 19 siswa yang mencapai nilai diatas 80, sehingga dapat dikategorikan sebagai siswa yang berhasil atau tuntas. Sementara itu, 5% atau 1 siswa yang mendapatkan nilai dibawah 80. Selain itu, hasil observasi aktivitas mengajar guru dan obervasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sehingga penelitian melalui model pembelajaran PACE (Project,
Activity, Cooperative Learning, Exercise) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV UPT SDN 2 Makale.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan1_1
Date Deposited: 27 Nov 2025 06:26
Last Modified: 27 Nov 2025 06:26
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1112

Actions (login required)

View Item
View Item