Analisis Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Materi Himpunan dari Perspektif Semiotik

Allo, Meri Kiding (2025) Analisis Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Materi Himpunan dari Perspektif Semiotik. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (737kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Meri, K, Allo.(221113006). Analisis Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Materi Himpunan dari perspektif Semiotik. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa mengenai materi himpunan terutama dalam memahami simbol, notasi atau lambang dan representasi semiotic serta kurangnya kemampuan siswa dalam mengubah masalah kontekstual kedalam materi matematika yang dapat menghambat proses belajar siswa yang berpotensi ketidaak pahaman konsep-konsep matematika lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Kemampuan Siswa SMP dalam
Menyelesaikan Masalah Materi Himpunan Dari Perspektif Semiotik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dari 27 siswa kelas VIII UPT SMPN 4 Rembon. Instrument yang digunakan adalah
instrument tes dan instrument wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi dan triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan siswa kategori sangat tinggi (KST 1 & KST 2) mampu memenuhi semua indikator yaitu membuat tanda (MT), mengidentifikasi
Objek (MO), menginterpretasikan tanda (IT) dan menginterpretasikan objek (IO). (2) kemampuan siswa kategori tinggi (KT1 & KT2) sudah hampir memenuhi semua indikator namun siswa (KT2) masih keliru dalam mengisi anggota himpunan dalam diagram venn. (3) kemampuan siswa kategori sedang (KS1 dan KS2). (KS1) belum memenuhi semua indikator.
Beberapa indikator yang belum dicapai seperti Membuat Tanda (MO1) siswa masih kurang dalam mengidentifikasi anggota elemen dalam menyelesaiakn soal, pada indikator menginterpretasikan tanda (IT3) siswa kurang mampu dalam melakukan penghitungan sesuai rencana, dan siswa KS1 kurang mampu dalam indikator menginterpretasikan objek (IO), sedangkan siswa KS2 kurang mampu memenuhi semua indikator sesuai dengan hasil pekerjaan dan wawancara yang telah
dilaksanakan.
Kata Kunci: Penyelesaian Masalah, Materi Himpunan, Semiotik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan2_1
Date Deposited: 21 Jul 2025 01:05
Last Modified: 21 Jul 2025 01:05
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item
View Item