PENERAPAN PAPAN JURANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 UPT SDN 20 MENGKENDEK

KABE’, ADHELL JEIN THYRENZ (2024) PENERAPAN PAPAN JURANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 UPT SDN 20 MENGKENDEK. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (795kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (22MB)

Abstract

Kabe’ Adhell Jein Thyrenz. 220118177, (2024) Penerapan Papan Jurang Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I UPT SDN 20
Mengkendek. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia
Toraja. Dibawah bimbingan Ibu Trivena, S.Pd.,M.Pd. selaku
Pembimbing Skripsi I dan Ibu Mersilina L.Patintingan, S.S., M.Pd.
selaku Pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran matematika dengan menggunakan media papan jurang pada siswa kelas
I UPT SDN 20 Mengkendek. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK), menggunakan model pembelajaran individual yang meliputi
perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas I di UPT SDN 20 Mengkendek yang
berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan
dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator
keberhasilan adalah ≥75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKTP yang
ditentukan yaitu 60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media papan
jurang pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas I UPT SDN 20 Mengkendek. Saat belum diberikan tindakan, nilai
pembelajaran matematika siswa kelas 1 UPT SDN 20 Mengkendek hanya 7
(41,18%) siswa yang mencapai KKTP. Pada kegiatan tindakan siklus I terjadi
ix
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, rata-rata nilai
pada siklus 1 materi penjumlahan dan pengurangan yaitu 57,05 sebanyak 9 siswa
atau 52,94% mendapat nilai di atas KKTP, sedangkan 8 siswa atau 47,05% siswa
mendapat nilai kurang dari KKTP meningkat pada siklus II menjadi 78,23
sebanyak 14 siswa atau 82,35% mendapat nilai di atas KKTP sedangkan 3 siswa
atau 17,64 % siswa mendapat nilai kurang dari KKTP.
Kata Kunci: Papan Jurang, Hasil Belajar Matematika, Siswa Kelas I

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan1_1
Date Deposited: 20 Jun 2025 02:28
Last Modified: 20 Jun 2025 02:28
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item
View Item