(Turnitin) Optimasi Beban Dinamis Pada Alat Uji Suspensi Seperempat Roda Kendaraan Bobot Ringan Terhadap Getaran Suspensi

Simon, Christof Geraldi and Lazarus, Risa and Paliling, Formanto and Salo, Lery Alfriany and Ambabunga, Yusri (2024) (Turnitin) Optimasi Beban Dinamis Pada Alat Uji Suspensi Seperempat Roda Kendaraan Bobot Ringan Terhadap Getaran Suspensi. SINERGI, 22 (2). pp. 266-276. ISSN 2684 - 9372

[thumbnail of (2) (Turnitin) Optimasi Beban Dinamis Pada Alat Uji Suspensi Seperempat Roda Kendaraan Bobot Ringan Terhadap Getar.pdf] Text
(2) (Turnitin) Optimasi Beban Dinamis Pada Alat Uji Suspensi Seperempat Roda Kendaraan Bobot Ringan Terhadap Getar.pdf

Download (568kB)

Abstract

Suspensi merupakan faktor utama yang harus perhitungkan karena sangat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara di jalanan. Mekanisme kerja suspensi yang terdiri atas pegas spiral dan schock absorber mendapat beban secara vertical dari berat bodi, pengemudi dan penumpang. Bentuk permukaan jalan yang tidak rata berupa lubang dan tinggi gundukan secara signifikan akan mempengaruhi kenyamanan bagi pengendara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kerja suspensi dan nilai optimal getaran yang terjadi pada salah satu roda kendaraan terhadap beban dinamis vertical. Metode yang digunakn dalam penelitian ini diawali dengan metode simulasi gerakan aktuator pneumatik yang membebani suspensi menggantikan bobot kendaraan dengan variasi tekanan 1 sampai 4 bar. Selanjutnya dengan metode Taguchi dipakai untuk menentukan kondisi optimum beban dinamis pada sistem suspensi dengan kriteria “Smaller is better” yang diperoleh melalui perhitungan nilai beban dinamis pada sumbu roda kendaraan bobot ringan sebesar 1615.252 N pada tekanan 1 bar; 2323.232 N, pada tekanan 2 bar; 3030.82 N pada tekanan 3 bar; dan 3738.213 N pada tekanan 4 bar, dengan nilai optimum getaran pada suspensi menurun sebesar 49.65 %. Variabel dimensi gundukan, tekanan ban, dan berat muatan, merupakan faktor yang diperlukan untuk menentukan kondisi beban dinamis optimum. Hasil nilai optimum tersebut, diperoleh level tinggi gundukan 5 cm, tekanan ban 32 Psi, beban muatan 84 kg, serta beban dinamis 71 kg. Menurut formula konstribusi getaran F table > F Value, maka faktor A (tinggi gundukan) dan faktor D (beban dinamis) merupakan faktor yang sangat berpengaruh, sedangkan faktor B (Tekanan Ban) dan Faktor C (beban muatan) merupakan faktor yang tidak berpengaruh secara signifikan

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ir. Formanto Paliling
Date Deposited: 15 Apr 2025 02:03
Last Modified: 15 Apr 2025 02:03
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item
View Item