Mangetan, Windarti (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS IV SDN 8 RANTEPAO. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (781kB)
BAB I.pdf
Download (219kB)
BAB II.pdf
Download (143kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (511kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
BAB V.pdf
Download (151kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (216kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Mangetan, Windarti 2024. Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Project Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 8 Rantepao. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja, Dibimbingi Oleh (1) Dr. Harmelia Tulak, S.Psi., M.Psi. dan (2) Weryanti L, Langi’ S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Berbasis Project, Hasil Belajar
Tujuan Penelitian yaitu untuk mengetahui hasil belajar IPAS
siswa kelas 4 SDN 8 Rantepao SDN 8 Rantepao Kabupaten Toraja
Utara. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini
merupakan siswa kelas IV SDN 8 Rantepao sebanyak 20 orang, yang terdiri dari 12 siswa dan 8 siswi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan
media audio visual dalam pembelajaran maka hasil belajar IPAS dapat meningkat, dimana siklus I hasil pembelajaran belum mencapai kriteria yaitu berada pada kategori cukup dengan presentase ketuntasan 68,12%, namun kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 78,95% masuk dalam kategori baik. Selain itu, baik
dari aktivitas mengajar guru maupun aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I langkah-langkah pembelajaran belum terlaksana dengan baik, tetapi pada saat pelaksanaan siklus II langkah-langkah pembelajaran sudah terlaksana sengan sangat baik, hal ini juga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai oleh siswa.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 06:28 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 06:28 |
| URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1160 |

