PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V UPT SDN 8 REMBON

Mangontan, Dwita Tirsa (2024) PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V UPT SDN 8 REMBON. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mangontan, Dwita Tirsa. 2024, Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V UPT SDN 8 Rembon. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Indonesia Toraja.
Pembimbing (I) Hakpantria, S.Pd., M.Pd., Pembimbing (II) Sefrin S. Tangkearung, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT), hasil belajar
Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pkn di kelas V UPT SDN 8 Rembon melalui penerapan model Value Clarification Technique (VCT) dan keterlaksanaan model Value Clarification Technique (VCT) dalam pembelajaran pkn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan pembelajaran mengikuti komponen-komponen Value Clarification Technique
(VCT) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi,
wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah data, mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar pkn siswa kelas V UPT SDN 8 Rembon. Hal ini terlihat dari hasil tes siklus I hanya 11 atau 55% siswa yang tuntas dan 9 atau 45% siswa yang tidak tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 17 atau 85% siswa yang tuntas dan 3 atau 15% siswa yang tidak tuntas dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika
siswa kelas V UPT SDN 8 Rembon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan1_1
Date Deposited: 04 Dec 2025 05:50
Last Modified: 04 Dec 2025 05:50
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item
View Item