Rombe, Nopriyanto (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA KELAS IV UPT SDN 01 MAKALE. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (700kB)
BAB I.pdf
Download (346kB)
BAB II.pdf
Download (385kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (473kB)
BAB V.pdf
Download (219kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (438kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Rombe, Nopriyanto. 2024.“Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Kelas IV UPT
SDN 01 Makale.” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UKI Toraja. Dibimbing oleh (1) Trivena, S.Pd., M.Pd. dan (2) Weryanti Laen Langi’, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Scrapbook, Hasil Belajar Siswa
Latar belakang dilaksanakannya penelitian Tindakan kelas (PTK) ini karena masih banyak siswa kelas IV UPT SDN 01 Makale belum mencapai KKTP pada mata pelajaran IPAS. Atas dasar itulah peneliti mencoba mencari pemecahan masalah yang dihadapi siswa dalam upaya menigkatakan hasil belajar.
Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian Tindakan kelas ini dirancang dalam empat komponen, yaitu: (1) perencanaan Tindakan (2) pelaksanaan Tindakan (3) observasi (4) refleksi. Dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media scrapbook Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV UPT SDN 01 Makale dengan jumlah siswa 17 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 7 orng perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus, masing-masing 3 pertemuan melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar observasi, lembar wawancara, lembar evaluasi, dan lembar kerja siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan direfleksikan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan tiap pertemuan oleh observer untuk melihat data aktivitas belajar., sementara data tentang hasil diperoleh melalui tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan meggunakan media scrapbook untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SDN 01 Makale ditandai dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal pada tes yang diberikan dengan baik dari setiap siklusnya mengalami peningkatan yang baik,Adapun ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 38% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar adalah 96%
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:49 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 02:49 |
| URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1140 |

