ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV UPT SDN 5 MAKALE

Kaso’, Krisnia (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV UPT SDN 5 MAKALE. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kaso’, Krisnia. 2024 Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV UPT SDN 5 Makale. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing oleh Tadius, S.Pd., M.Pd. selaku Pembimbing I dan Reni Lolotandung, S.Pd., M.Pd. selaku Pembimbing II.
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, Pendidikan Pancasila, Kelas IV.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan Pancasila di kelas IV UPT SDN 5 Makale. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini meliputi guru dan siswa kelas IV UPT SDN 5 Makale. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pendidikan Pancasila telah terlaksanakan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari persiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan Pancasila telah siap diawal tahun pelajaran. Implementasi kurikulum merdeka telah dilaksanakan melalui komponen indikator yaitu menyusun perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan1_1
Date Deposited: 02 Dec 2025 03:18
Last Modified: 02 Dec 2025 03:18
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item
View Item