Tandiayuk, Irmawati (2024) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SENI BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA KELAS V UPT SDN 4 MAKALE KABUPATEN TANA TORAJA. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (559kB)
BAB I.pdf
Download (355kB)
BAB II.pdf
Download (381kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (587kB)
BAB V.pdf
Download (224kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (343kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tandiayuk, Irmawati. 2024.“Peningkatan Minat Belajar Seni Budaya Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Kelas V UPT SDN 4 Makale Kabupaten Tana Toraja”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UKI Toraja. Dibimbing oleh (1) Trivena, S.Pd., M.Pd. dan (2) Yohanis Padallingan, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Minat Belajar
Latar belakang dilaksanakannya penelitian Tindakan kelas (PTK) ini karena masih banyak siswa kelas V UPT SDN 4 Makale belum mencapai KKTP pada mata pelajaran Seni Budaya. Atas dasar itulah peneliti mencoba mencari pemecahan masalah yang dihadapi siswa dalam upaya m eningkatkan minat belajar siswa. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian Tindakan kelas ini dirancang dalam empat komponen,yaitu: (1) perencanaan Tindakan (2) pelaksanaan Tindakan (3) observasi (4) refleksi. Dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan
media Video Pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V UPT SDN 4 Makale dengan jumlah siswa 17 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus, masing-masing 3 pertemuan melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Observasi, Angket dan Wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan direfleksikan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan tiap pertemuan oleh observer untuk melihat data aktivitas belajar, sementara data tentang hasil diperoleh melalui angket minat belajar setiap akhir siklus.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media Video Pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar Seni Budaya siswa kelas V UPT SDN 4 Makale ditandai dengan adanya peningkatan minat belajar siswa, yaitu pada siklus I sebesar 63.53% dan pada siklus II sebesar 84.41% artinya mengalami peningkatan 20.88%. Maka dengan hasil ini target dapat tercapai.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username perpustakaan1_1 |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 06:07 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 06:07 |
| URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1121 |

