Lando Massora, Jerry and Batara, Mince and Pundissing, Rati (2024) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Kabupaten Tana Toraja dan Kecamatan Tallunglipu. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4 (1). pp. 10784-10799. ISSN 28074238
Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Kabupaten Tana Toraja dan Kecamatan Tallunglipu..pdf
Download (274kB)
Abstract
Penelitian Studi Kasus : Kabupaten Tana Toraja . “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Kabupaten Tana Toraja”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis startegi pemasaran yang digunakan oleh para pelaku UMKM di Tana Toraja, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kaulitatif deskripsi. Adapun hasil penelitian dalam penelitian ini yakni; Ada 4 strategi pemasaran yang diketahui dan diterapkan oleh para pelaku UMKM: (a) Startegi Pemilihan Pasar; Identifikasi target pasar, personalisasi pemasaran pada setiap segmen dan melaksanakan kemitraan local. (b) Perencanaan Produk: Mencari ide berdasarkan peluang dan kebutuhan pasar lokal; Inovasi produk secara terus menerus dan pemanfaatan feedback konsumen; Pencatatan keuangan dan kinerja produk sebagai langkah penting. (c) Penetapan Harga ; Strategi berbasis biaya, kompetitif, nilai, dan dinamis digunakan.; Harga psikologis dan penawaran khusus belum umum di kalangan pelaku UMKM. (d) Sistem Distribusi; Rencana distribusi melibatkan pemilihan saluran distribusi yang tepat;
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
| Depositing User: | Rati Pundising |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 14:03 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 14:03 |
| URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/915 |

