Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Seri

Tanduk, Rita Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Seri. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Seri.

[thumbnail of 12. Peningkatan Kemampuan-jurnal nasional.pdf] Text
12. Peningkatan Kemampuan-jurnal nasional.pdf - Published Version

Download (226kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media gambar seri dalam meningkatkan keterampilan serta motivasi siswa dalam menulis karangan narasi dan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri kelas IV SDN 010 Pakasassan Mamasa. Penelitian dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, jurnal dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kaualitatif dan kuantitatif. Tujuan teknik analisis data untuk mengetahui secara terperinci cara memperoleh data dan perkembangan hasil penelitian. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini adalah ketuntasan belajar bahasa Indonesia siswa setelah penerapan menggunakan media gambar seri pada siklus I diketahui bahwa 6 orang siswa atau 24% yang berhasil menuntaskan kemampuan menulis karangan narasi. Sedangkan siklus II diketahui bahwa skor tertinggi siswa 95 dengan rentang skor 25 dan skor rata-rata 86.01 dari jumlah siswa 25 orang. Dapat disimpulkan penggunaan media gambar seri mempunyai pengaruh positif terhadap pembelajaran menulis karangan narasi.
Kata kunci: Menulis, Karangan Narasi, Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username 0905018303
Date Deposited: 03 May 2024 04:04
Last Modified: 03 May 2024 04:04
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item
View Item