Implementasi Model Problem Based Lerarning Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Tanduk, Rita Implementasi Model Problem Based Lerarning Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Implementasi Model Problem Based Lerarning Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

[thumbnail of 11. Implementasi Model-Artikel Nasional. pdf.pdf] Text
11. Implementasi Model-Artikel Nasional. pdf.pdf - Published Version

Download (306kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mendeksripsikan perencanaan, pelaksanaan dan asesmen hasil belajar model pembelajaran problem based learningpada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 011 Tatoa. Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran pendidik perlu memahami CP, merumuskan TP, dan menyusun ATP lalu merancang modul ajar. Pembuatan modul ajar memuat model pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran. Pendidik telah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada salah satu materi “Menjadi Warga Dunia”. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti berdasarkan sintaks PBL, dan kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran oleh pendidik pada tiga bulan sekali, dan peserta didik pada akhir pembelajaran, tengah atau akhir jenjang serta semester.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Unnamed user with username 0905018303
Date Deposited: 03 May 2024 04:04
Last Modified: 03 May 2024 04:04
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item
View Item