Tanduk, Rita (2024) Kemampuan Peserta Didik Memahami Puisi Rakyat Melalui Pendekatan Etnopedagogik. Kemampuan Peserta Didik Memahami Puisi Rakyat Melalui Pendekatan Etnopedagogik.
7. Kemampuan peserta didik-jurnal nasional.pdf
Download (217kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik memahami puisi rakyat melalui pendekatan etnopedagogik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mendeskripsikan persepsi guru dan peserta didik tentang penerapan pendekatan etnopedagogik dalam pembelajaran puisi rakyat pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Mamasa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dengan menggunakan program Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 20,0 for windows. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (1) kemampuan peserta didik memahami puisi rakyat melalui pendekatan etnopedagogik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Mamasa dikategorikan memadai/tuntas. (2) Persepsi guru terhadap penerapan pendekatan etnopedagogik dalam pembelajaran puisi rakyat pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Mamasa merupakan pendekatan yang cocok dan sesuai dengan karakteristik lingkungan peserta didik yang berlatar belakang budaya Mamasa, sesuai dengan karakter peserta didik, serta sesuai dengan perkembangan zaman.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with username 0905018303 |
Date Deposited: | 03 May 2024 04:03 |
Last Modified: | 03 May 2024 04:03 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/83 |