IOC: Merangsang Minat Belajar Siswa SD

Syawal, Sahrul and Tulak, Harmelia and Ishak, Suryadi and Wajdi, Fathullah and Rante Noviana, Susanna Vonny and Tulak, Topanus (2025) IOC: Merangsang Minat Belajar Siswa SD. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8 (1). pp. 30-41. ISSN 2829-1611

[thumbnail of 2. IOC Merangsang Minat Belajar Siswa SD.pdf] Text
2. IOC Merangsang Minat Belajar Siswa SD.pdf

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini berusaha mengkaji implementasi Model Pembelajaran IOC (inside-outside-circle) dalam meningkatkan minat dan prestasi akademik anak sekolah dasar. Model ini menekankan pada keterkaitan antara input pembelajaran, proses pembelajaran, dan hasil pembelajaran, dengan memperhatikan konteks lingkungan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metodologi tinjauan literatur, meneliti keampuhan Model IOC di berbagai lingkungan pendidikan. Temuan menunjukkan bahwa Model IOC dapat memberikan pengalaman pendidikan yang lebih relevan dan menstimulasi, khususnya di pendidikan dasar. Model ini dapat diadaptasi dan disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa yang beragam, sehingga dapat menumbuhkan dorongan intrinsik dan kemampuan berpikir kritis. Pelaksanaan yang efektif dari Model IOC bergantung pada kesiapan guru, infrastruktur pendidikan, dan dukungan kebijakan yang memadai. Penelitian ini menunjukkan perlunya penelitian empiris tambahan untuk mengevaluasi kinerja model ini di berbagai konteks pendidikan dan untuk melihat kesulitan dan peluang yang terkait dengan implementasinya. Model IOC memiliki kapasitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam mengatasi masalah pembelajaran abad ke-21.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Topanus Tulak
Date Deposited: 08 Sep 2025 13:33
Last Modified: 08 Sep 2025 13:33
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item
View Item