Manga', J. and Matana, Hernita and Soga, Dewindri (2025) Analisis Perilaku Tarik Belah Beton Dengan Inovasi Serat Batang Mendong Sebagai Material Tambahan Alami. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 25 (2). pp. 416-425. ISSN 2526-7286
![[thumbnail of 6716-Article Text-32529-1-10-20250831.pdf]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6716-Article Text-32529-1-10-20250831.pdf
Download (594kB)
Abstract
Perkembangan teknologi material telah mendorong lahirnya material komposit yang merupakan
kombinasi dari dua atau lebih material dengan sifat berbeda, salah satunya adalah serat alam.
Serat alam dari tumbuhan, seperti serat batang mendong, dapat dimanfaatkan sebagai bahan
tambahan dalam beton untuk meningkatkan sifat mekanis tertentu. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh penambahan serat batang mendong terhadap kuat tarik belah beton.
Penelitian dilakukan secara eksperimental dengan mutu rencana beton f’c = 25 MPa dan
menggunakan variasi penambahan serat mendong sebesar 1%, 2%, dan 3% terhadap volume
beton. Benda uji berbentuk silinder berukuran 15 cm × 30 cm, dan pengujian dilakukan pada
umur 28 hari sesuai SNI 7656:2012. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kuat tarik belah beton
normal sebesar 1,56 MPa, sementara pada variasi 1%, 2%, dan 3% berturut-turut menurun
menjadi 1,14 MPa, 0,90 MPa, dan 0,88 MPa. Penurunan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi
penambahan serat batang mendong, semakin menurun pula daya tahan beton terhadap gaya tarik
lateral yang dihasilkan. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan distribusi serat yang tidak merata
dan pengaruh ikatan antar serat dan pasta semen yang kurang optimal.
Kata Kunci: Beton, Serat Alami, Batang Mendong, Kuat Tarik Belah, Material Komposit
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Jufri Manga' |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 13:33 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 13:33 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/757 |