Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Bangun Datar Segitiga

Muljadi, Fara Prisilla (2025) Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Bangun Datar Segitiga. Diploma thesis, Universitas Kristen Indonesia Toraja.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muljadi, Prisilla, Fara 2025 “Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Datar Segitiga Di SMPN 2 Rantepao”. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja. Pembimbing (I) Dr. Sonny Yalti Duma’, M.Pd ; (II) Dr. Lusiana Delastri, S.Si,. M.Pd. Berpikir reflektif matematis adalah proses berpikir siswa menyeleksi serta memanfaatkan kembali pengetahuan yang sudah dimiliki oleh seseeorang dalam menyelesaikan soal matematika, menganalisis proses pemecahan masalah, mengevaluasi masalah, serta memperbaiki kesalahan sehingga dapat mencapai tujuannnya. Kemampuan berpikir reflektif matematis adalah suatu proses berpikir untuk dapat menyelesaikan suatu permasalahan baru
dimana suatu permasalahan harus diselesaikan, dievaluasi, kemudian memperbaiki kesalahan sebelum mendapatkan suatu kesimpulan. Metode penelitian yang saya gunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan instrumen tes berupa soal bangun datar segitiga. Hasil penelitian dari kemampuan berpikir reflektif menunjukkan bahwa siswa dengan kategori tinggi hanya melalui 3 tahapan yaitu reacting, elaborating dan contemplating, siswa dengan kemampuan kategori sedang hanya melalui 2 tahapan yaitu reacting, dan elaborating, siswa dengan kategori rendah hanya melewati 1 tahapan yaitu reacting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMPN 2 Rantepao dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun datar segitiga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII. 3 SMPN 2 Rantepao tahuan ajaran 2025 sebanyak 25 peserta didik.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Bangun Datar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username perpustakaan2_1
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:35
Last Modified: 16 Jul 2025 07:35
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item
View Item