PENGUATAN PROFIL PANCASILA BERBASIS DIGITAL BAGI GURU DI SD TANA TORAJA: UPAYA PENGUATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Pertiwi, Anna PENGUATAN PROFIL PANCASILA BERBASIS DIGITAL BAGI GURU DI SD TANA TORAJA: UPAYA PENGUATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat. ISSN 2598-3946 (Unpublished)

[thumbnail of PENGUATAN PROFIL PANCASILA BERBASIS DIGITAL BAGI GURU DI SD TANA TORAJA_ UPAYA PENGUATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA2289-9076-1-PB (1).pdf] Text
PENGUATAN PROFIL PANCASILA BERBASIS DIGITAL BAGI GURU DI SD TANA TORAJA_ UPAYA PENGUATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA2289-9076-1-PB (1).pdf

Download (443kB)

Abstract

Program Penguatan Profil Pancasila Berbasis Digital bagi guru di SD Tana Toraja bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyampaikan nilai-nilai Pancasila melalui media digital. Program ini memanfaatkan aplikasi Sparkol VideoScribe untuk menciptakan materi
pembelajaran berbasis video animasi, yang mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah dasar. Kegiatan pertama dalam program ini adalah pelatihan intensif untuk guru-guru SD di Tana Toraja mengenai penggunaan aplikasi Sparkol VideoScribe. Dalam pelatihan ini, guru diajarkan cara membuat video animasi berbasis papan tulis (whiteboard animation), yang memungkinkan mereka menyampaikan konsep abstrak dengan cara yang lebih visual dan interaktif. Setelah pelatihan, guru diberi tugas untuk mengembangkan konten video edukatif yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila. Guru akan memilih salah satu atau beberapa nilai Pancasila dan menerjemahkannya ke dalam materi video dengan memanfaatkan aplikasi yang telah dipelajari. Setelah video digunakan dalam pembelajaran, guru dan fasilitator program akan melakukan evaluasi untuk mengukur efektivitas penggunaan konten digital ini. Guru akan diminta untuk memberikan masukan terkait manfaat dan tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan, serta dampak video terhadap pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila. Selain itu, guru juga akan merefleksikan bagaimana keterampilan teknologi yang mereka peroleh dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran lain.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Anna Pertiwi
Date Deposited: 25 May 2025 10:36
Last Modified: 25 May 2025 10:36
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item
View Item