Learning Analysis Using Wordwall Web Based Game Methods to Increase Student Motivation at SMPN Sesean Toraja Utara

Pertiwi, Anna Learning Analysis Using Wordwall Web Based Game Methods to Increase Student Motivation at SMPN Sesean Toraja Utara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8 (1). ISSN 2548-8201 (Unpublished)

[thumbnail of Learning Analysis Using Wordwall Web Based Game.pdf] Text
Learning Analysis Using Wordwall Web Based Game.pdf

Download (328kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa di sekolah. Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis metode game berbasis wordwall web dalam meningkatkan motivasi
siswa di SMPN 1 Sesean Toraja Utara. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah penelitian
kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua pihak yang terkait pelaksanaan
pembelajaran dengan metode game berbasis wordwall web untuk peningkatan motivasi belajar siswa di
SMPN 1 Toraja Utara. Objek dalam penelitian adalah peningkatan motivasi siswa di SMPN 1 Toraja
Utara. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis
data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian antara lain: (1) data angket siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran ada 65% atau 14
orang siswa yang mengaku tidak setuju dengan metode pembelajaran konvensional, 22% atau 5 orang
siswa mengaku setuju, sementara 13% atau 3 orang yang menjawab ragu-ragu dan 4% atau 1 orang
tidak memberikan jawaban. Data angket guru terhadap penggunaan media pembelajaran ditemukan
bahwa 90% atau ada sedikitnya 17 guru mengaku tidak pernah menggunakan media berbasis TI dalam
proses pembelajaran dan 10% lainnya guru mengaku pernah menggunakan media pembelajaran berbasis
TI; (2) permasalahan yang dihadapi guru tidak memiliki sumber daya untuk menggunakan media
pembelajaran berbasis TI, kurangnya sarana dan prasarana dan masih ada guru yang nyaman dengan
pembelajaran konvensional; (3) hasil wawancara terdapat 90% siswa mengaku lebih termotivasi dalam
belajar jika menggunakan game berbasis Wordwall Web dalam pembelajaran dan 100% siswa mengaku
meningkat motivasi belajarnya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Anna Pertiwi
Date Deposited: 25 May 2025 10:36
Last Modified: 25 May 2025 10:36
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item
View Item