Web-Based Online Library Design to Improve Student Literacy

Baan, Anastasia and Ervianti, Ervianti and Pratama, Muhammad Putra Web-Based Online Library Design to Improve Student Literacy. Journal of Education Technology, 8 (4). ISSN 2549-8290

[thumbnail of 12. Web-Based Online Library Design to Improve Student Literacy.pdf] Text
12. Web-Based Online Library Design to Improve Student Literacy.pdf

Download (494kB)

Abstract

Kendala yang dihadapi saat ini yaitu kesadaran untuk membaca buku semakin menurun seiring dengan berkembangnya dunia daring, khususnya di dunia pendidikan minat baca semakin menurun secara langsung dengan mendatangi perpustakaan. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan perpustakaan virtual dalam bentuk web yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Tujuan dari penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang dimulai dari analisis kebutuhan dan identifikasi kebutuhan, mendesain dan mengembangkan perpustakaan online berbasis web, uji kevalidan dan kepraktisan serta efektifitas melalui uji coba implentasi dan evaluasi produk. Tahapan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Developemt, Implementation dan Evaluation) untuk penelitian ini sampai pada tahapan development. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Subjek uji coba yaitu mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, wawancara. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu validasi Ahli Media menunjukkan kriteria sangat layak. Berdasarkan respon pengguna dapat disimpulkan bahwa respon berada pada kategori sangat praktis.
Disimpulkan bahwa respon pengguna sangat setuju dengan penggunaan perpustakaan online dalam meningkatkan literasi. Implikasi penelitian yaitu hasil penelitian dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat kebijakan dan strategi pengembangan layanan perpustakaan di masa depan. Ini termasuk menentukan fokus pengembangan teknologi dan layanan yang paling relevan dengan kebutuhan pengguna.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username 0912119502
Date Deposited: 19 May 2025 02:03
Last Modified: 19 May 2025 02:03
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item
View Item