Pratama, Muhammad Putra and Dewi, Resnita and Pertiwi, Anna PENGUATAN PROFIL PANCASILA BERBASIS DIGITAL BAGI GURU DI SD TANA TORAJA: UPAYA PENGUATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 8 (2). ISSN 2614-2481
![[thumbnail of 11. PENGUATAN PROFIL PANCASILA BERBASIS DIGITAL BAGI GURU DI SD TANA TORAJA_ UPAYA PENGUATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA2289-9076-1-PB (1).pdf]](https://repo.ukitoraja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. PENGUATAN PROFIL PANCASILA BERBASIS DIGITAL BAGI GURU DI SD TANA TORAJA_ UPAYA PENGUATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA2289-9076-1-PB (1).pdf
Download (443kB)
Abstract
Program Penguatan Profil Pancasila Berbasis Digital bagi guru di SD Tana Toraja bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyampaikan nilai-nilai Pancasila melalui media digital. Program ini memanfaatkan aplikasi Sparkol VideoScribe untuk menciptakan materi pembelajaran berbasis video animasi, yang mendukung implementasi Kurikulum
Merdeka di sekolah-sekolah dasar. Kegiatan pertama dalam program ini adalah pelatihan intensif untuk guru-guru SD di Tana Toraja mengenai penggunaan aplikasi Sparkol VideoScribe. Dalam pelatihan ini, guru diajarkan cara membuat video animasi berbasis papan tulis (whiteboard animation), yang memungkinkan
mereka menyampaikan konsep abstrak dengan cara yang lebih visual dan interaktif. Setelah pelatihan, guru diberi tugas untuk mengembangkan konten video edukatif yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila. Guru akan memilih
salah satu atau beberapa nilai Pancasila dan menerjemahkannya ke dalam materi video dengan memanfaatkan aplikasi yang telah dipelajari. Setelah video digunakan dalam pembelajaran, guru dan fasilitator program akan melakukan evaluasi untuk mengukur efektivitas penggunaan konten digital ini. Guru akan diminta untuk memberikan masukan terkait manfaat dan tantangan yang
dihadapi selama pelaksanaan, serta dampak video terhadap pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila. Selain itu, guru juga akan merefleksikan bagaimana keterampilan teknologi yang mereka peroleh dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with username 0912119502 |
Date Deposited: | 19 May 2025 02:02 |
Last Modified: | 19 May 2025 02:02 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/624 |