Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process

Putra Pratama, Muh. Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media. ISSN 2964-7355

[thumbnail of 2. Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process11932-35523-1-SM (2).pdf] Text
2. Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process11932-35523-1-SM (2).pdf - Accepted Version

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan Quizizz sebagai media evaluasi
pembelajaran untuk melihat keberhasilan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan
Quizizz dapat dijadikan media evaluasi pembelajaran formal seperti ujian atau penilaian harian
khususnya pada pelajaran matematika. Metode penelitian ini yaitu analisis kualitatif. Evaluasi
pembelajaran dengan menggunakan quizizz membantu meningkatkan konsentrasi belajar peserta
didik. Penggunaan quizizz dapat dilakukan oleh dosen pengampu matakuliah lain, guru dan
mahasiswa yang akan melaksanakan PKM untuk mendukung revolusi industri 4.0. Hasil penelitian
berdasarkan angket, pelaksanaan ujian atau penilaian harian dapat dilakukan melalui Quizizz dengan
mengoptimalkan penggunaan fitur pada Quizizz. Evaluasi pembelajaran melalui Quizizz dapat
memudahkan dosen dalam melakukan penilaian secara detail dan obyektif. Yang dilihat dari hasil
persentase hampir 90% kelebihan dan 10% lainnya kelemahan dalam penggunaanya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username 0912119502
Date Deposited: 16 May 2025 23:58
Last Modified: 16 May 2025 23:58
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item
View Item